Kendaraan roda dua atau sepeda motor adalah salah satu alat transportasi yang paling sering dimiliki oleh masyarakat dunia. Bahkan di beberapa negara, sepeda motor ini memiliki tingkat kecelakaan yang cukup tinggi. Oleh karena itu, mengendarai sepeda motor diharuskan untuk memiliki pengendalian diri yang baik serta tinggi badan yang memadai. Berbeda dengan mobil yang tidak membutuhkan keseimbangan, mengendarai sepeda motor butuh keseimbangan pastinya.

Dalam mengendarai sepeda motor, anda diharuskan untuk melalui tahap-tahap tertentu, pastinya akan berguna di kemudian hari meskipun seringkali dirasa remeh, mengikat helm misalnya. Padahal, dengan melakukan hal yang remeh tersebut, nyawa anda akan terselamatkan karena terlindungi dari hantaman benda tumpul yang keras, tertabrak trotoar misalnya.

Apa saja sih kira-kira yang harus dilakukan sebelum menjadi seorang biker yang baik, taat aturan, dan paham mengenai karakteristik sepeda motor? Berikut langkah-langkah yang harus anda lakukan sebelum menjadi biker baik di jalanan.

Mengurus Surat Ijin Mengemudi (SIM)

Sebelum berkendara, ada baiknya kita mengurus SIM atau Surat Ijin Mengemudi terlebih dahulu. SIM ini adalah penanda bahwa anda telah layak dan laik untuk berkendara di jalan raya, dengan segala macam keadaan dan kondisi yang dapat terjadi. SIM juga berfungsi sebagai identitas sampingan anda selain KTP atau Kartu Kredit.

Jika anda tidak memiliki SIM, sehebat apapun anda mengendarai sepeda motor, sudah tentu anda tidak akan dianggap layak dan laik di mata hukum. Baik motor maupun mobil, sama-sama harus memiliki legalitas hokum yang menyatakan bahwa Anda berhak mengendarai kendaraan bermotor. Baca juga berita promo suzuki Bekasi Jati Asih terbaru 2019.

Memilih Sepeda Motor yang Pas

Memilih sepeda motor merupakan hal yang paling sulit. Di Indonesia sendiri, satu varian sepeda motor kadang memiliki beberapa tipe yang sama, hanya berbeda di warna dan aksesoris saja. Meskipun begitu, tetap saja banyak yang melirik dan akhirnya membeli sepeda motor tersebut.

Selain memilih karena senang akan warna dan aksesoris, pilihlah sepeda motor yang pas dengan postur tubuh anda. Berbeda dengan mobil yang tidak peduli akan postur tubuh, sepeda motor sangat mementingkan hal ini. Jika tinggi badan anda lebih dari 170cm, pilihlah sepeda motor yang memiliki ketinggian cukup, jika kurang dari 170cm, pilih sepeda motor yang tidak membebani kaki anda untuk menahan badan.

Beberapa pilihan yang bagus untuk pengendara pemula adalah Honda Vario, Yamaha Mio, Suzuki Satria FU 2019. Kesemuanya memiliki ketinggian yang hampir mirip, dan sangat mudah dikendalikan oleh siapa saja, kecuali Satria FU yang memiliki tenaga paling tinggi.

Beli Perlengkapan Berkendara

Perlengkapan berkendara seperti helm, sarung tangan, jaket, adalah hal yang sangat penting ketika mengendarai sepeda motor. Pilihlah yang memiliki ukuran pas dengan anda. Ingat, ukuran yang pas bukan berarti harus sempit dan mencetak badan, tetapi harus nyaman digunakan, tidak mudah rusak, dan perawatan yang mudah.

Beberapa merk lokal sudah memiliki sertifikasi internasional untuk keamanan helm, sarung tangan, dan jaket yang dijualnya. Oleh karena itu tidak perlu takut untuk membeli merk lokal, karena kita juga dapat membantu devisa negara.

Untuk mobil, perlengkapan berkendara tidak banyak, hanya perlu memakai sabuk pengaman yang sudah terpasang ketika beli mobil. Selain itu, pengendara juga perlu cek kendaraannya seperti tekanan ban, wiper, lampu dll.

Belajar Cara Jatuh

Tidak semua orang memikirkan akan hal ini. Tetapi mereka harus sedikit banyak belajar menghadapi momen-momen ketika mengalami kecelakaan dari sepeda motor. Ada beberapa “teknik jatuh” yang dapat dilakukan oleh para pengendara pemula dalam melindungi badan mereka. Ada yang melepaskan sepeda motor, ada yang menahan beban sepeda motor agar tidak terguling, ada juga yang pada akhirnya pasrah ikut terseret karena menggunakan pelindung badan secara penuh. Berbeda dengan mobil, karena memiliki 4 ban sebagai kaki, pengguna mobil tidak akan jatuh dari mobilnya. Disarankan untuk dibaca: Info promo toyota jababeka cikarang bekasi dari JD Toyota.

Diatas adalah beberapa langkah yang harus dilakukan untuk menjadi pengendara yang baik dan benar. Jangan lupa untuk selalu melihat lampu jalanan, dan menjaga konsentrasi agar tidak terjadi kecelakaan yang parah.

0 11