Beli mobil second perlu hati-hati. Sebaiknya Anda mengetahui dahulu caranya daripada Anda menyesal setelah membeli. Karena tidak banyak yang sudah membeli mobil bekas lalu menyesal. Beberapa diantaranya karena mesin mobil yang sudah tidak optimal, kaki-kaki mobil yang sudah tidak nyaman, dan banyak lagi.

Jangan sampai Anda mengeluarkan uang banyak hanya untuk memperbaiki kerusakan dari pengguna lama.

Simak tips berikut sebelum membeli mobil bekas (urutan mungkin acak) :

  1. Berdoa & perbaharui niat
    Anda seharusnya mempunyai niat positif untuk membeli kendaraan beroda empat bekas. Jangan karena tetangga Anda mempunyai kendaraan beroda empat lalu Anda ngotot ingin mempunyai kendaraan beroda empat juga. Niatkan bahwa Anda ingin membeli mobil bekas karena memang butuh kendaraan beroda empat dan berniat positif. Lalu berdoa semoga kendaraan mobil Anda yang nanti akan Anda beli membawa barokah bagi penjual dan pembeli.
  2. Buat list target mobil bekas untuk diburu
    Di sebagian negara mobil sedan seperti Honda Accord atau Toyota Camry menjadi mobil bekas favorit yang banyak diincer. Sayangnya, kedua brand asal negeri Sakura ini situasi sekennya memang masih tergolong tinggi.
  3. Cari Jangan yang Jauh, Lokasi Anda saja
    Tidak perlu mencari di lokasi yang jauh dari lokasi Anda. Cari disekitar lokasi Anda. Minimal masih 1 kota dengan Anda. Untuk mencari kendaraan beroda empat, Anda juga perlu menyaring sasaran kendaraan beroda empat dari jarak tempuh yang telah dilewati, harga, fitur dan jarak apakah kendaraan beroda empat itu dekat dengan bengkel atau dealer. Cara saya saat itu adalah dengan mengecek promo Daihatsu Margonda Depok untuk menggali informasi mengenai harga mobil terupdate baik itu yang baru maupun second. Sekarang zaman sudah canggih dan mudah hanya dengan mencari di situsnya sudah lengkap dapat informasi.
  4. Tentukan budget yang Anda alokasikan untuk beli
    Pertimbangkan apakah Anda ingin membeli mobil dengan cara tunai atau kredit? Pikirkan matang-matang. Konsultasikan dahulu dengan management keuangan Anda, istri Anda, orang tua Anda.
    Jika ingin kredit syariah, saran saya sebaiknya harga kredit tidak lebih dari 20 persen dari gaji Anda. Karena, membeli kendaraan beroda empat bekas pasti akan kembali mengeluarkan tarif ekstra, seperti perawatan tambahan, atau memang perlu ada pergantian bagian. Belum lagi, seharusnya membeli bahan bakar atau tambahan asuransi.
    Karenanya dari itu, dianjurkan pilih tiga kendaraan beroda empat yang memang sudah mewakili keperluan Anda, termasuk review anggarannya.
  5. Survei harga kendaraan
    Membeli kendaraan beroda empat bekas perlu kesabaran. Sebab itu, cobalah rajin mengecek harga kendaraan beroda empat yang diharapkan dari sebagian dealer kendaraan beroda empat bekas, bagus milik pemegang merek, swasta malah laman jual beli online.
    Bukan tidak mungkin harga-harga kendaraan beroda empat bekas ini dapat saja berbeda-beda tergantung dari situasi kendaraan beroda empat itu sendiri.
  6. Cek riwayat kendaraan
    Sekiranya membeli kendaraan beroda empat bekas, ada pantasnya membeli dari sahabat dekat atau member keluarga. Tentu saja riwayat kendaraan akan dikenal tanpa ditutup-tutupi.
    Dapat saja Anda melaksanakan pemeriksaan riwayat kendaraan dari pihak asuransi atau kepolisian. Karena, kendaraan beroda empat juga dapat dilaksanakan pengecekan dari NIK (Nomor Identitas kendaraan) atau pelat nomor.
  7. Didampingi orang mekanik
    Dikala melaksanakan pengecekan, ada pantasnya membawa rekan atau mekanik spesialis mesin. Hal ini acap kali banyak dilaksanakan supaya dikala membeli kendaraan beroda empat, Anda tak merasa tertipu sebab kurangnya pengetahuan akan mesin atau kendaraan beroda empat itu sendiri.
  8. Kontak si penjualnya
    Sekiranya Anda merasa pantas dengan kendaraan beroda empat yang menjadi incaran ada pantasnya menjalin kekerabatan dengan penjual untuk memverifikasi infomasi kendaraan beroda empat yang dicari.
    Pasalnya, ada juga kendaraan beroda empat yang dipasarkan dengan metode dititipkan di dealer. Sebab itu, coba cek dan ricek kenapa kendaraan beroda empat ini dipasarkan, kenapa kendaraan beroda empat dipasarkan dengan metode dititipkan.
    Tidak sedikit ada juga yang seketika perundingan dengan penjual. Melainkan ada pantasnya lihat dahulu kendaraan beroda empat yang dicari, kemudian baru dilaksanakan penawaran.
  9. Lakukan negosiasi & penawaran
    Seandainya memang merasa kendaraan beroda empat yang Anda cari telah ideal ada pantasnya melaksanakan penawaran cocok harga atau kesepakatan yang diharapkan.
    Hal ini memang perlu dilaksanakan supaya Anda tidak menyesal di kemudian hari sebab merasa menghabiskan dana cukup banyak.
    Tentu saja dikala melaksanakan penawaran berikan harga yang paling rendah sampai terjadi kesepakatan. Melainkan pastikan terutama dulu, kedua belah pihak sedang mempunyai situasi yang hening.
  10. Coba test drive terlebih dahulu
    Sekiranya telah tahu kendaraan beroda empat yang diharapkan, coba mintalah untuk melaksanakan test drive. Hal ini metode paling ideal untuk mengevaluasi apakah kendaraan beroda empat masih laik dan kondisinya memang benar terbaik.
    Anda seharusnya rasakan dengan seksama dikala mengemudi, mulai dari masuk ke ruang kemudi, duduk di tempat duduk penumpang, posisi mengemudi, situasi jok, bagaimana visibilitas dikala di belakang kemudi, apakah ada bau-bau tidak nikmat, apakah ada suara mencuit, cek mesin, situasi AC, dan lainnya.
    Cek juga, apakah kendaraan beroda empat ini teridentifikasi di bengkel sah untuk perawatannya.
  11. Jangan Termakan Promo Harga Miring
    Dikala membeli kendaraan beroda empat bekas di showroom, tentu Anda mengharapkan harga yang semurah-murahnya bukan? Saat menerima penawaran promo harga super murah, hati-hati! Jangan gampang terpengaruh dan seketika menyambangi showroom hal yang demikian.
    Sebaiknya cek dahulu tentang kebenaran promo hal yang demikian. Lazimnya hal hal yang demikian dilaksanakan sebagai iming-iming agar calon pembeli datang ke showroom.
    Kecuali itu, pepatah “ada harga ada barang” juga berlaku dikala membeli kendaraan beroda empat bekas. Seandainya kendaraan beroda empat ditawarkan dengan harga yang jauh di bawah harga pasaran, Anda seharusnya lebih teliti dalam memeriksa kondisinya.
  12. Coba periksa lagi surat-suratnya
    Saat telah sah dibeli, karenanya akan ada sebagian hal yang seharusnya dilaksanakan pengecekan kembali sebelum dilaksanakan pertanda tangan. Cek juga sejumlah dokumen mulai dari daftar harga, akta, pajak, STNK, BPKB dan lainnya.
    Sekiranya membeli di dealer kendaraan beroda empat bekas bukan tidak mungkin ada sebagian item yang ditawarkan mulai dari garansi, perangkat anti pencurian, perlindungan dan lain-lainnya.
  13. Periksa Dokumen Setelah Memilih
    Langkah berikutnya yang tidak keok penting dikala membeli kendaraan beroda empat bekas adalah memeriksa peralatan dokumennya. Mintalah surat-surat penting kendaraan beroda empat seperti BPKB dan STNK untuk Anda cek keabsahannya. Sekiranya itu, cocokkan pula nomor mesin serta nomor mesin kendaraan beroda empat yang tertera pada kendaraan dengan dokumen absah hal yang demikian.
    Jangan lupa juga amati kapan pajak habis pada lembar pajak yang umumnya ada di balik STNK. Sekiranya pajak telah hampir habis, Anda dapat meminta keringanan harga kendaraan beroda empat incaran Anda.
  14. Bekali Diri dengan Info Terupdate & Review
    Sebelum mendatangi showroom kendaraan beroda empat bekas untuk memperhatikan-lihat calon kendaraan beroda empat Anda, bekali diri Anda dengan berita dengan melaksanakan riset online. Dikala ini cukup banyak laman yang menyediakan pelbagai review mengenai kendaraan beroda empat bekas secara komplit.
    Cari tahu ragam dan merek kendaraan beroda empat yang cocok dengan keperluan Anda. Sekiranya menemukan merek dan figur yang pantas, pastikan harga pasaran dan spesifikasinya. Jangan lupa catat berita hal yang demikian sehingga anda bisa seketika memperbandingkan dikala berkonsultasi dengan pihak showroom.
  15. Tanyakan Histori Setelah
    Sekiranya menemukan kendaraan beroda empat bekas di showroom opsi, cek latar belakang dari kendaraan hal yang demikian. Anda dapat tanyakan ke pihak showroom umpamanya alasan dipasarkannya kendaraan beroda empat oleh pemiliki lama, histori kerusakan, bukti servis, dan apakah servis senantiasa dilaksanakan di bengkel sah.
    Bukti servis sungguh-sungguh lah penting sebab kendaraan beroda empat dengan histori servis yang rutin dan komplit, tentunya akan memiliki situasi mesin yang lebih prima. yang rutin diservis juga mencerminkan kepribadian pemilik sebelumnya yang merawat kendaraan beroda empat dengan bagus.

Semoga info diatas dapat membantu Anda yang ingin membeli mobil bekas tanpa resah.

0 37