Ban adalah satu-satunya bagian dari mobil yang menyentuh langsung dengan tanah, sudah seharusnya kita memperhatikan dan merawat bagian kendaraan ini lebih sering. Merawat ban tidak begitu sulit, hanya dengan beberapa tips yang akan kami berikan dibawah ini niscaya ban mobil Anda akan selalu awet dan terhindar dari masalah.

Berikut ini adalah 6 tips merawat ban mobil yang mudah dan benar, simak informasinya:

  1. Menggunakan Ban Sesuai dengan Standar
    Ragam mobil itu berjenis-jenis-jenis, dan ban yang diterapkan juga berjenis-jenis-jenis. Ban mobil macam city car akan berbeda dengan ban untuk macam MPV sebab beban dan ukuran mobilnya juga berbeda karenanya komponen bannya juga berbeda. Mengaplikasikan ban yang cocok standar merupakan metode yang dapat anda lakukan untuk merawat ban mobil anda.
  2. Cek Tekanan Angin Secara Teratur
    Tips yang satu ini benar-benar penting sekali apalagi kalau anda akan bepergian jauh mengaplikasikan mobil anda. Tekanan angin pada ban semestinya stabil agar konsisten aman kalau tak ban mobil anda akan kencang rusak.
    Bila tekanan angin pada ban mobil anda kurang karenanya akan mengakibatkan pemakaian BBM yang meningkat sebab tarikan mobil akan meningkat. Beda halnya kalau tekanan pada ban mobil anda terlalu keras, hal ini juga akan mengakibatkan situasi sulit bagi ban mobil anda.
    Situasi yang dimunculkan sebab kelebihan tekanan angin pada ban mobil anda merupakan ban akan mengeras sehingga mengakibatkan permukaan ban akan menjadi halus sehingga benar-benar berbahaya pengendara dan ban semestinya kencang diganti.
    Pemeriksaan tekanan angin semestinya dijalankan secara rutin, kecuali demi keselamatan, juga demi memperpanjang umur ban. Cek ke bengkel resmi untuk pemeriksaan lebih advance, saat itu saya sedang cari promo suzuki cibubur untuk informasi program promo terbaru di bengkel resmi Suzuki di Cibubur.
    Baca juga mengenai metode menyelesaikan mesin mobil kencang panas.
  3. Menghindari Lubang Saat di Jalan
    Trek tak selamanya mulus, kadang-kadang jalan yang rusak akan ada lubang di sebagian komponen jalan. Disaat melintasi trek yang rusak dan berlubang, anda disarankan untuk mengurangi kecepatan kendaraan sebab kalau trek yang rusak dihantam saja akan mengakibatkan ban mobil anda kencang rusak.
    Trek yang rusak dan berlubang tak cuma merusak ban mobil anda melainkan kalau anda sembarangan dalam mengendarai mobil anda akan menjadi korbannya juga. Tak etiskan kalau ban anda rusak dan anda babak belur sebab kepentok sana sini. Berkendaralah bagus dan benar, kecuali ban mobil anda awet, anda juga akan selamat dari kecelakaan. 
  4. Rotasi Posisi Ban Mobil
    Tips merawat ban mobil dengan metode merotasi ban mobil merupakan metode yang perlu dijalankan agar ban mobil anda awet. Caranya merupakan dengan menukar posisi ban mobil secara terstruktur.
    Ban depan akan kerap kali terjadi friksi rem ekstra ketika mobil berbelok, sehingga ban depan akan kencang plontos. Sebelum permukaan ban rata betapa lebih bagus kalau ban depan kerap kali ditukar dengan ban belakang sebab ban belakang cuma mengalami friksi ringan cuma mencontoh laju mobil saja.
    Tukarlah posisi ban belakang dengan ban depan anda tiap 5000 km sekali, supa ban mobil anda panjang usia dan tak terlalu kerap kali membeli ban. Baca juga mengenai bagian mesin mobil.
  5. Pastikan Lubang Ban Sudah Ditutup dengan Tutup Pentil
    Hal yang mudah tetapi banyak orang yang meremehkan tutup pentil pada ban. Pastikan ketika akan berkendara tutup pentil terpasang pada ban sebab kalau ban mobil anda kehilangan tekanan angin bus-dapat ban mobil anda malahan akan kencang rusak. Jangan korbankan mobil anda gara-gara tutup pentil yang lupa dipasang. Baca juga mengenai metode merawat mesin mobil tua.
  6. Membawa Barang Secukupnya
    Tips merawat ban mobil berikutnya adalah membawa barang cocok dengan rekomendasi dan tak berlebihan. Muatan yang berlebihan bisa mengakibatkan ban mobil kencang rusak. Kerusakan ban yang diakibatkan sebab mengangkut bobot yang berlebihan ketika berkendara merupakan benang nylon pada lapisan carcas ban dapat putus dan ban dapat pecah, kalo telah terjadi yang namanya pecah ban lazimnya mobil akan kehilangan kendali dan dapat mengakibatkan kecelakaan.
    Observasi kode pada komponen ban, kode hal yang demikian yakni keterangan seberapa berat bobot yang bisa ban anda bendung. Jangan memaksakan ban mobil anda untuk membendung bobot yang berlebih, sebab walhasil tak cuma pada ban mobil anda melainkan pada keselamatan anda juga.

Demikianlah tips merawat ban diatas yang mudah dilakukan oleh pemula. Untuk perawatan ban, Anda bisa menanyakan ke ahli mekanik dari dealer-dealer resmi terdekat dari rumah Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Terima kasih.

0 37