Mobil yang Anda miliki adalah tanggung jawab Anda sendiri, hal inilah yang harus diperhatikan oleh para pemilik kendaraan. Cara perawatan dan penggunaan menggambarkan rajin atau malasnya pemilik kendaraan. Biasanya jika terjadi kerusakan, Anda yang tidak paham apa-apa tentang otomotif akan langsung membawanya ke bengkel bukan?

Bagi Anda yang mempunyai uang berlebih untuk perawatan di bengkel mungkin tidak akan menjadi masalah namun bagaimana bagi Anda yang malas mengeluarkan uang untuk hal-hal semacam ini? Ternyata Anda bisa loh untuk melakukan perawatan mobil sendiri tanpa harus ke bengkel.

Tips ini berlaku juga bukan hanya untuk pemula tetapi bagi Anda yang memang sudah mahir di bidang ini namun ingin menambah pengetahuan. Mau tahu perawatan seperti apa yang bisa memperpanjang cat body mobil Anda? Simak informasinya berikut ini:

 

Hal-Hal yang membuat Bodi Mobil Jadi Cepat Rusak

Sebelum kami membahas mengenai kemudahan perawatan body mobil yang tepat, ada baiknya Anda mengetahui tentang hal-hal apa saja yang dapat menyebakan body mobil berubah menjadi pudar. Berikut adalah

  1. Polutan udara
    Polusi udara memiliki kandungan beragam zat kimia dalam bentuk gas. Terutama pada lingkungan yang memiliki polusi udara yang besar, udara di sekitarnya memiliki kandungan Asam Nitrat yang tinggi sehingga dapat merusak lapisan cat mobil.

 

  1. Kotoran burung
    Membersihkan kotoran burung sangatlah mudah, tetap itu jika kondisinya masih basah/baru. Tetapi kenyataannya seringkali pemilik kendaraan tidak langsung cepat membersihkannya. Untuk membersihkan kotoran burung yang sudah terlanjur mengeras, tentu diperlukan kehati-hatian, jika tidak malah membuat bodi mobil tergores.

 

  1. Sinar UV
    Mobil jika dibiarkan terkena sinar matahari terus menerus dalam waktu lama pasti akan merusak cat dan membuat mobil jadi terlihat pudar.

 

  1. Pemoles mobil
    Pemoles akan memperindah mobil Anda, namun ika penggunaannya tidak berhati-hati maka akan membuat cat menjadi terkikis. Hal ini dikarena kandungan bahan abrasive yang tinggi pada alat pemoles tersebut.

 

  1. Garam
    Kandungan garam yang terdapat pada air akan membahayakan. Hal ini akan membuat proses korosi semakin cepat.

 

  1. Warna cat mobil yang tidak sama
    Tiap bengkel mempunyai catnya masing-masing, ada yang memang mempunyai cat yang sama seperti dealer resmi, ada juga yang membuatnya sendiri. Yang berbahaya adalah yang membuat sendiri karena warna tentu tidak akurat sama 100% yang akan membuat mobil jadi belang.

 

11 Tips Perawatan Body Mobil Yang Sangat Mudah Dilakukan 

Jika Anda sudah tahu penyebabnya, sekarang kita akan langsung pada bagian penanganan, simak informasinya berikut ini:

  1. Memakai Shampo Khusus
    Ketika Anda mencuci mobil sendiri di rumah, pastikan Anda menggunakan shampo yang khusus diperuntukkan untuk mobil. Hal ini karena kadar shampo mobil memang telah disesuaikan dengan body mobil, sehingga tidak akan merusak cat body mobil.

 

  1. Hindari Terkena Sinar UV Terlalu Lama
    Terkena sinar matahari atau sinar UV yang terlalu lama akan berdampak buruk untuk body mobil Anda. Jadi sangat disarankan untuk menghindari mobil dari sinar matahari (UV) terlalu lama. Cari tempat parkir yang cukup teduh ketika ingin memarkirkan mobil Anda dalam waktu yang cukup lama. Jika tidak kunjung dapat tempat parkir yang teduh, Anda bisa menggunakan penutup mobil seperti sarung mobil yang banyak dijual di toko aksesoris mobil.

 

  1. Saat Sedang Mengelap Harap Perhatikan Body Mobil
    Ketika Anda sedang mengelap mobil, perhatikan kondisi body mobil. Jika kondisi mobil dalam keadaan kering, maka siramlah terlebih dahulu sebelum Anda mengelapnya. Jika mengelap body mobil saat kondisi sedang kering, akan membuat kondisi body mobil menjadi meninggalkan bekas goresan-goresan kecil ketika selesai mengelap. Hal ini disebabkan oleh partikel debu yang dapat menggores body mobil. Sehingga sangat penting bagi Anda untuk memberikan pelumas khusus yang memang diperuntukkan body mobil untuk mengelap. Jangan lupa juga untuk menggunakan teknik pengelapan memutar searah jarum jam.

 

  1. Membersihkan Body Mobil Dengan Kain Halus
    Perhatikan alat yang digunakan untuk membersihkan bagian body mobil Anda. Gunakan kain yang cukup halus untuk membersihkan eksterior mobil. Banyak kain yang memang khusus digunakan untuk mengelap mobil dijual di toko-toko, seperti kanebo. Jika tidak memiliki jenis kain ini, anda bisa juga menggunakan kain dengan bahan yang halus dan lembut. Dan jangan lupa untuk memastikan kondisi kain bersih dan tidak kotor.

 

  1. Cuci Mobil Secara Rutin dan Berkala
    Mencuci mobil secara rutin adalah salah satu cara efektif untuk merawat body mobil agar tetap terawat. Tidak perlu setiap hari namun cukup lakukan seminggu sekali ketika musim kemarau. Namun apabla sedang musim hujan, cucilah mobil Anda lebih sering. Ketika mobil terkena air hujan, jangan dibiarkan begitu saja. Langsung bilas dengan air bersih dan langsung dikeringkan. Hal ini karena air hujan memiliki kandungan asam yang tinggi sehingga membuat body mobil dapat memudar.

 

  1. Jangan Menggunakan Deterjen atau Sabun Colek
    Jangan pernah menggunakan deterjen ataupun sabun colek untuk mencuci body mobil Anda. Hal ini karena penggunaan deterjen/sabun colek akan membuat body mobil Anda menjadi semakin tipis dan dapat membuat cat mobil menjadi lebih kasar.

 

  1. Gunakan Kit Mobil Setelah Mencuci
    Anda bisa mencoba menggunakan kit mobil agar tampilan body mobil selalu terlihat mengkilat. Kit biasanya akan diberikan saat kondisi mobil sudah dalam keadaan bersih. Oleskan kit secara keseluruhan pada body mobil Anda. Selain membuat mobil selalu terlihat mengkilap, kit ini berfungsi untuk membersihkan kotoran-kotoran yang masih menempel pada body mobil.

 

  1. Lakukan Pencucian Mobil Di Tempat Yang Teduh
    Hal lainnya yang perlu anda perhatikan ketika mencuci mobil adalah tempat yang anda gunakan untuk mencuci. Akan lebih baik jika anda mencuci mobil anda di tempat yang teduh. Mencuci di tempat yang teduh tidak akan membuat air bekas mencuci cepat mengering di body mobil yang akan meninggalkan bekas.

 

  1. Kondisikan Letak Kendaraan Saat Malam Hari
    Perhatikan letak mobil Anda saat malam hari. Jangan membiarkan mobil Anda parkir di tempat yang terbuka, hal ini karena air embun yang terkena mobil Anda bisa memudarkan warna pada body mobil Anda. Jika hal ini Anda biarkan terus-terusan maka dapat membuat cat body mobil Anda akan mengalami retakan-retakan kecil yang tentunya akan cukup menganggu.

 

  1. Jangan Tutup Mobil Apabila Kondisi Masih Basah
    Jangan dibiasakan untuk menutup mobil jika kondisi masih basah dengan menggunakan penutup/sarung mobil. Hal ini akan membuat cat pada body mobil Anda menjadi rusak karena hawa lembab ketika mobil sedang tertutup. Jadi lebih baik untuk lap mobil Anda terlebih dahulu sebelum dibungkus dengan sarung mobil.

 

  1. Menggunakan Kompon
    Dan yang terakhir adalah Anda dapat menggunakan kompon body mobil. Alat ini dapat mengkilatkan cat pada body mobil Anda. Namun apabila Anda berencana untuk melakukan kompon pada body mobil Anda, sangat disarankan untuk melakukannya di bagian bagian tertentu saja terutama hanya pada bagian yang terdapat kotoran atau goresan-goresan halus.

 

  1. Jika Sudah Terlalu Parah Pergi ke Bengkel Resmi
    Jika cat pada mobil Anda sudah terjadi kerusakan yang terlalu parah, maka sebaiknya Anda untuk pergi ke bengkel resmi dari brand mobil Anda. Dealer akan dengan senang hati membantu Anda dalam memperbaiki masalah yang terjadi pada mobil Anda, dan biasanya ada promo yang diberikan. Misalnya jika Anda memiliki mobil wuling dan bertempat tinggal di pluit, Anda cukup ketikkan promo wuling pluit pada Google dan pilih dealer resmi yang menyediakan banyak promo-promo untuk mobil Anda.

 

Demikianlah 12 tips perawatan body mobil yang mudah dilakukan bahkan oleh pemula. Tujuannya adalah Anda dapat mencegah dan memperbaiki hal-hal yang terjadi pada cat body mobil Anda. Semoga artikel ini membantu 🙂

0 32